Mohon Tunggu Sebentar...

Pengertian Gen Menurut Para Ahli

Pengertian Gen РSahabat budiman pada postingan kali ini admin akan sedikit berbagi informasi mengenai beberapa pengertian seputar Gen tentunya ditinjau dari keilmuan para ahli. Dengan berbagai usaha dilakukan yang dilandaskan ilmu pengetahuan, dikabarkan  ada beberapa ilmuwan luar negeri yang akan melakukan rekayasa genetika pada janin manusia. Mereka melakukan utak-atik pada gen untuk melakukan hal tersebut. Tetapi sudahkah Anda tahu apa pengertian gen itu? Apa pengertian mendasar dari kata gen yang sering kali dihubungkan dengan masalah pewarisan pada manusia? Secara sederhananya sekumpulan pewarisan sifat untuk organisme hidup itulah yang disebut dengan gen.

Untuk mempelajari secara khusus mengenai segala seluk-beluk gen, ada satu cabang ilmu yang disebut dengan genetika. Ilmu genetika merupakan salah satu cabang ilmu dalam biologi. Gen juga memiliki sifat-sifat dan beberapa fungsi.

 

Ilmu Genetika

Ilmu genetika merupakan ilmu warisan yang keberadaannya telah dikenal sejak zaman prasejarah. Pada zaman prasejarah tersebut, pengaturan gen yang dilakukan adalah berupa pengembangan beragam ras ternak. Akan tetapi, pada kenyataannya beberapa ilmuwan biasanya melakukan pengaturan genetika dimulai dengan ditemukannya kembali naskah Gregor Mendel pada 1900 lalu.

Penelitian Mendel menunjukkan bahwa teori warisan campuran pada genetika tidak berlaku, sedangkan pada teori yang dikemukakan Lamarck menjelaskan bahwa sifat-sifat yang dibawa orang tua akan diteruskan kepada keturunan atau anak-anak mereka yang juga dipatahkan oleh teori Mendel yang lain. Untuk membahas lebih dalam lagi tentang gen, maka kita perlu mengetahui beberapa pengertian gen menurut beberapa ahli.

 

Pengertian Gen Menurut Para Ahli

Jika menilik sejarah, gen ternyata diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh seorang ahli embriologi dan genetika pada tahun 1911. Pengertian gen adalah substansi hereditas yang berada dalam lokus di dalam kromosom. Pernyataan ini dikemukakan oleh ilmuwan bernama Thomas Hunt Morgan yang berasal dari Amerika Serikat sebagai ilmuwan yang pertama kali mengenalkan gen tersebut. Setiap gen juga memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Gen yang mengandung informasi genetik tersebut memiliki beberapa fungsi. Fungsi yang pertama adalah menentukan sifat-sifat yang akan diwariskan. Fungsi yang kedua dari gen adalah untuk memberikan informasi kepada generasi selanjutnya. Yang terakhir, gen yang sifatnya ditentukan oleh susunan dari kombinasi basa nitrogen ini juga berfungsi dalam mengatur metabolisme serta perkembangan.

Rekayasa Genetika Pada manusia

Selain Thomas Hunt Morgan, ada juga ilmuwan lain yang mengemukakan pengertian dari gen. Beberapa ilmuwan tersebut adalah Francis Crick (1916) serta James Watson (1928). Mereka mengemukakan bahwa gen merupakan bagian dari molekul yang kompleks dan sangat besar yang mana ditemukan di dalam inti semua sel, DNA (asam deoksiribonukleat) molekul. Lebih jauh lagi, Francis Crick yang merupakan seorang kimiawan juga menjelaskan aliran informasi yang dibawa oleh DNA tersebut. Informasi yang dijelaskannya merupakan DNA dalam seri The Central Dogma. Berdasarkan kimiawan asal Inggris ini, aliran DNA informasi bisa diteruskan ke dalam sel dan individu lain dengan cara replikasi.

 

Fungsi Gen dan Sifat Gen

Dibawah ini admin sajikan fungsi dan sifat gen, Karena gen merupakan substansi hereditas, yang memiliki fungsi seperti berikut ini:

  • Menyampaikan informasi mengenai genetika dari generasi ke generasi.
  • Mengontrol, mengatur metabolisme dan perkembangan tubuh.
  • Menentukan sifat-sifat pada keturunannya. Seperti yang di contohkan pada fakta di depan. Sifat-sifat itu dapat berupa bentuk rambut, bentuk badan, warna kulit dan lain sebagainya.
  • Proses reaksi ki
  • mia di dalam tubuh dapat terjadi secara berurutan. Pada setiap tahap reaksinya dibutuhkan enzim. Pembentukan dan juga pengontrolan kerja enzim tersebut dilakukan oleh gen. Pada proses perkembangan yang membutuhkan hormon juga diatur oleh gen.

 

Gambaran gen

Gen yang menampakkan senyawa kimia merupakan substansi hereditas, memiliki sifat sebagai berikut dibawah ini:

  • Mengandung informasi genetik.
  • Tiap gen memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda.
  • Ketika waktu pembelahan mitosis dan meiosis dapat mengadakan duplikasi.
  • Sifat gen yang ke empat, kerjanya ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogennya.
  • Dan sebagai zarah yang terdapat di dalam kromosom.

 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Gen menurut para ahli, mudah-mudahan informasi ini sedikitnya lebih membantu anda dalam memahi ilmu genetika. Terimakasih

pengertian artikel bahasa jawa yg mudah di fahami
error: Content is protected !!